Manfaat Bermain Bulu Tangkis bagi Kesehatan

Posted by: Muhammad Fadhli | 02 August 2021 | 48 kali dibaca | Rating: 75

Bulu tangkis merupakan olah raga favorit di Indonesia setelah sepak bola. Banyak sekali prestasi-prestasi yang di ukir oleh para atlet untuk mengharumkan nama Bangsa Indonesia lewat olah raga bulu tangkis. Seperti yang baru-baruini, Olah raga bulu tangkis telah berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional melalui Pertandingan Olimpiade Tokyo 2020 yang di bawakan oleh atlet ganda putri Greysia Polli dan Apriyani Rahayu pada 2 Agustus 2021. Selain itu, sebelum sebelumnya Indonesia sering mendapatkan predikat juara di kancah Internasional seperti Indonesia Open, Piala Thomas dan Uber Cup, Asia Games, Asean Games dan masih banyak kejuaraan lainnya.

Namun, berbicara tentang begitu besarnya prestasi yang diraih dari olahraga bulu tangkis di Indonesia, apakah ada manfaat bagi Kesehatan bila kita bermain olah raga seperti bulu tangkis ?

Manfaat dari bermain bulu tangkis secara fisik dengan memperkuat otot, mempertajam refleks dan dapat menurunkan berat badan. Selain manfaat Kesehatan secara umum, Adapun dari segi sosial olahraga ini juga bermanfaat untuk Kesehatan mental karena mampu membangun ikatan sosial di antara pemain. Selain itu ada beberapa manfaat lainnya bila kita sering bermain bulu tangkis diantaranya :

  • Baik untuk kebugaran fisik

Bermain bulu tangkis menuntut tubuh kita untuk berlari, menerjang dan memukul bola. Kemungkinan tubuh kita bisa membakar sekitar 450 kalori per jam. Jenis olahraga kardiovaskular ini dapat membantu tetap dalam kondisi prima, tertuama jika mencari olahraga alternatif cross-training yang baik.

  • Memiliki manfaat psikologis

Bulu tangkis meningkatkan kebugaran fisik, sehingga dapat membantu mengurangi stress dan kecemasan. Olah raga ini meningkatkan endorfin, yang merupakan neurotransmitter perasaan nyaman di otak dan mampu meningkatkan suasana hati dan kualitas tidur.

  • Memperkuat Fleksibilitas dan Otot

Semakin banyak tubuh kita bergerak, maka semakin fleksibel untuk tubuh kita. Terutama dalam olah raga seperti bulu tangkis yang membutuhkan ayunan dan jangkauan. Selain meningkatkan flesibilitas, di dalam tubuh kita mendapatkan kekuatan daya tahan oto.

  • Menurunkan resiko diabetes

      Pada saat bermain bulu tangkis, tubuh kita mampu dapat menurunkan produksi gula oleh hati dan juga menurunkan gula darah

  • Menurunkan Berat Badan

      Bulu tangkis membantu mengontrol berat badan karena kualitas pembakaran lemak dan meningkatkan metabolisme. Jika dikombinasikan dengan diet yang tepat, maka penurunan berat badan yang optimal dapat dicapai.

Manfaat dari bermain bulu tangkis cukup banyak jika kita bisa melakukan aktivitas dengan rutin dan sesuai dengan porsinya. selain tubuh kita menjadi sehat dan prima, kita bisa ukir prestasi lewat olahraga bulu tangkis untuk bisa mempertahankan prestasi Indonesia di kancah Internasional.

Apakah pendapat Anda tentang artikel ini?

Share: