Melakukan Test Swab Secara Mandiri ? Ini Resikonya.

Posted by: Muhammad Fadhli | 02 August 2021 | 59 kali dibaca | Rating: 82

Di masa Pandemi Covid 19 ini, untuk mengetahui seseorang tersebut terinfeksi virus Covid 19 atau tidak adalah menggunakan testing dan tracking seperti PCR dan Antigen test. Namun pada saat melakukan test tersebut diperlukan pendampingan dengan team medis. Namun, akhir-akhir ini masih marak untuk melakukan test swab secara mandiri, lalu apakah resikonya jika test swab tersebut dilakukan secara mandiri ?

Menurut dokter Spesialis Patologi Klinik Primaya Hospital Bhakti Wara, dr. Nafiandi, Sp.PK yang dikutip di laman Kompas Sains ( 17 Juli 2021) mengatakan swab antigen adalah suatu pemeriksaan laboratorium yang harus dilakukan oleh tenaga Kesehatan yang memiliki kompetensi. Tenaga Kesehatan yang dimaksud adalah analis Kesehatan yang bertugas di bawah pengawasan dokter spesialis patologi klinik.

Selain itu dr.Nafiandi menjelaskan bahwa proses pengambilan sampelnya memerlukan pengetahuan secara anatomi sampai sejauh mana swab itu dimasukkan ke dalam hidung, tujuannya untuk memastikan sampelnya benar. Resiko pertama jika dilakukan secara mandiri akan menghasilkan hasil test yang tidak akurat. Seperti orang tersebut ada indikasi Covid 19 namun pada saat dilakukan test secara mandiri hasilnya negatif bisa jadi hasil tersebut hasil yang palsu dan kedepan akan menambah jumlah kasus positif Covid 19 saat dilakukan pemeriksaan resmi di Uji Laboratorium “Ujar dr.Nafiandi”.

Selain dari resiko pertama yang akan dihadapi, Adapun secara fisik bisa berpotensi menyebabkan cedera pada hidung. Sebab pengambilan sampel harus memahami betul anatomi lobang hidung dengan baik. Cedera hidung yang dimaksud adalah seperti iritasi pada rongga hidung. Bahkan, dapat saja kapas (dacron) pada alat swab antigen tertinggal di dalam rongga hidung.

Pada pemaparan tersebut sudah dijelaskan bahwa resiko yang terjadi jika melakukan test swab mandiri cukup besar dan bisa merugikan orang lain karena hasilnya tidak akurat serta resiko cedera yang dialami oleh tubuh kita.

Apakah pendapat Anda tentang artikel ini?

Share: