Menyusui Bayi di Tengah kondisi Ibu Terinfeksi Covid 19 : Begini Panduannya

Posted by: Muhammad Fadhli | 16 July 2021 | 22 kali dibaca | Rating: 29

Kehawatiran Covid 19 yang masih menyebar luas di tengah masyarakat menjadi suatu ancaman bagi semua kalangan, khususnya bagi Ibu yang sedang menyusui. Berstatus positif Covid 19 bagi ibu menyusui dengan kondisi anak harus masih di support ASI tentu bukan menjadi halangan bagi kaum Ibu untuk memberikan ASI nya secara eksklusif.

Menurut release yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan memalui unggahan Instagram yang release pada 7 Juli 2021 bahwa ada tips / panduan cara memberikan ASI kepada bayi, bagi ibu yang bersatus positif COVID-19.

Dari releasenya menyebutkan bahwa Kementerian Kesehatan ada yang perlu diperhatikan saat memberikan ASI adalah kondisi ibu harus tetap mealkukan protokol Kesehatan ketat dan tidak mengalami gejala yang berat. Adapun panduan bagi Ibu Menyusui saat memberikan ASI kepada bayinya adalah :

  1. Kondisi Ibu merasa dirinya lemah dan tidak memiliki ekuatan untuk menyusui langsung, maka bayi dapat diberikan ASI perah (ASIP) baik oleh ibu maupun anggota keluarga yang lain. Adapun yang perlu diperhatikan dari pemberian ASI perah adalah kualitasnya. Pastikan ASI perah disimpan dengan baik dan benar agar tetap aman dan tidak rusak.
  2. selalu memakai masker saat menyusui dan merawat bayi
  3. Mencuci tangan sebelum dan sesudah memegang bayi
  4. Membersihkan dan mendisfeksi permukaan dan benda yang sering disentuh ibu dan bayi

Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait pemberian ASI perah adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan kebersihan saat memerah ASI
  2. Gunakan cangkir bermulut lebar untuk memberikan ASIP pada bayi
  3. Gunakan wadah dengan tutup untuk menyimpan ASI perah.

Itulih panduan yang berdasarkan kajian dari Kementerian Kesehatan, semoga para ibu tidak khawatir Kembali dalam menyusi anaknya sehingga Ibu tetap bisa fokus dlaam memberikan ASI Eksklusif dengan protokol Kesehatan yang ketat sehingga tidak terjadi penularan kepada bayi di usia menyusui.

Apakah pendapat Anda tentang artikel ini?

Share:


Berita Terbaru

Manfaat Bermain Bulu Tangkis bagi Kesehatan

by: Muhammad Fadhli | 02 August 2021

Melakukan Test Swab Secara Mandiri ? Ini Resikonya.

by: Muhammad Fadhli | 02 August 2021