TANDA-TANDA KEHAMILAN

Kehamilan merupakan suatu proses alami seorang wanita akibat adanya pembuahan antara sel kelamin laki-laki dan perempuan, dimulai dari konsepsi ( pembuahan ) sampai dengan keluar nya janin.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Perhitungan usia kehamilan dimulai dari hari pertama menstruasi terakhir,sebelum akhirnya menstruasi bisa dikatakan terlambat. Pada minggu pertama dan ke dua kehamilan adalah fase konsepsi atau pembuahan, yaitu bertemunya telur dengan sperma,

Sel-sel tersebut akan terbentuk jaringan yang nantinya akan menjadi cikal bakal janin. Setelah membelah dan memperbanyak sel, calon janin atau embrio tersebut akan menempel pada rahim , yaitu tempat tumbuh kembangnya selama kehamilan terjadi.

Datang nya tanda-tanda kehamilan masih sangat awam di sadari oleh calon ibu dan keluarga, diantaranya masih bingung membedakan tanda kehamilan dengan kondisi gangguan kesehatan lainnya, ketidaktahuan ini juga yang biasa menyebabkan keguguran atau kondisi lain yang mengancam pada kandungan.

Tanda kehamilan yang di alami wanita di bagi menjadi 2 kategori yaitu tanda tidak pasti kehamilan dan tanda pasti kehamilan

  1. Tanda tidak pasti kehamilan atau mungkin di kenal dengan tanda dugaan hamil. Tanda ini dapat menjadi tanda kehamilan atau di pengaruhi oleh kondisi kesehatan. Berikut adalah tanda-tanda tidak pasti hamil, diantaranya :
  • Amenorhea

Terhentinya proses menstruasi, pada wanita yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur akan sulit menentukan kondisi ini. Kondisi ini juga dapat di pengaruhi oleh factor lain, seperti stress dan obat-obatan pun dapat menyebabkan telat haid atau terhentinya haid untuk sementara waktu.

  • Mual muntah

Pada masa kehamilan di kenal dengan morning sickness, kondisi ini terjadi di awal kehamilan di alami di pagi atau malam hari, di sebabkan karena adanya peningkatan hormone HCG.

Tanda ini juga bisa terjadi pada wanita tidak hamil, yang di sebabkan oleh makanan yang memicu asam lambung naik.

  • Frekuensi kencing yang meningkat

Pada awal kehamilan hal ini terjadi karena pembesaran uterus yang menekan kandung kemih.

Hal ini bisa terjadi pada wanita tidak hamil pada saat cuaca dingin atau wanita yang kebangakan minum.

  • Perubahan bentuk Payudara

Pada ibu hamil perubahan ini di pengaruhi oleh hormone estrogen dan progesterone yang merangsang alveoli payudara.

Hal ini juga bisa terjadi pada wanita yang akan mengalami menstruasi.

  • Ngidam

Pada saat ibu hamil mengalami masa ngidam mereka akan dengan tiba-tiba menginginkan ini dan itu, mitos yang beredar keinginan ini harus diikuti, jika tidak maka akan berdampak buruk bagi bayi dalam kandungan.

Namun kondisi ini belum bisa di sebutkan tanda pasti kehamilan, karena pada semua orang bisa saja menginginkan sesuatu secara tiba-tiba, tergantung kondisi dan mood seseorang.

  • Test Kehamilan (Test Pack)

Test pack dapat mendeteksi kehamilan dengan tingkat keakuratan mencapai 99%. Bahkan garis tipis saja sudah menunjukkan hasil yang positif. Namun, testpackjuga dapat menunjukkan hasil negatif palsu atau salah.

Beberapa penyebab terjadinya hasil salah adalah akibat kesalahan teknik pemeriksaan, terlalu lama mencelupkan strip, atau apabila kadar hormon B-hCG dalam urin belum mencukupi. Untuk mengkonfirmasi hasil pemeriksaan itu, diperlukan konfirmasi USG.

 

  1. Tanda Pasti Kehamilan

Untuk mengetahui Tanda Pasti Kehamilan harus di lakukan pemeriksaan oleh Tenaga kesehatan seperti Dokter Kandungan atau Bidan. Tanda pasti kehamilan ada 3 yaitu :

  • Terlihat gambaran janin pada USG
  • Detak Jantung Janin sudah terdengar.

Detak jantung janin dapat terdengar pada saat usia kehamilan ±16 minggu mengunakan dopler.

  • Palpasi

Perabaan pada perut, teraba adanya pembesaran pada rahim.

  • Quickening
  • Gerakan pertama janin (Quickening) sudah mulai terasa oleh ibu, biasanya kondisi ini mulai bisa di rasa pada usia kehamilan ±16 minggu, namun dapat terasa jelas pada usia kehamilan 24 minggu.

 

 

Oleh,

Erika Irawanie, A.Md.Keb.

Leave a comment